BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Program kerja Uji
Kompetensi (UJK) ini merupakan penjabaran dari program kerja SMK Lugina
Rancaekek Tahun Pelajaran 2010/2011, dibuat berdasarkan Juklak dan Juknis yang
kami terima dari Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS).
Program kerja ini
melanjutkan Program Semester dan Tahunan sebagai tindak lanjut guna
mengevaluasi kegiatan akhir bagi Tingkat XII, dimana UJK mempunyai peranan
sebagai berikut:
1.
UJK
merupakan suatu kegiatan akhir dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guna
mengevaluasi hasil Proses Belajar Mengajar (PBM) yang diselenggarakan mulai
tingkat X sampai dengan tingkat XII.
2.
UJK
merupakan kegiatan akhir yang disajikan kepada siswa tingkat XII guna mendapat
kompetensi keahlian sehingga mendapatkan bukti hasil kinerja berupa sertifikat
uji Kompentsi.
3.
Program
kerja UN merupakan penjabaran dari siklus, Program tahunan dan semester.
4.
Untuk
mencapai suatu tujuan diperlukan suatu program kerja.
5.
Sebagai
tindak lanjut dari Program Semester.
6.
Menumbuhkan
dan memupuk rasa disiplin untuk memacu
siswa serta mendorong semangat untuk menambah ilmu pengetahuan setingkat lebih
tinggi, serta merupakan cerminan dan tauladan di masyarakat.
7.
Pentingnya
ketahanan sekolah dan mantapnya pembinaan sekolah sebagai bagian dari
“ Wawasan
Wiyata Mandala”.
8.
Untuk
meningkatkan kesan positif bagi adik kelasnya.
9.
Untuk mengetahui kualitas mutu lulusan pada setiap
tahun kelulusan.
10. Sebagai ajang kompetisi bagi setiap
peserta UJK untuk bisa lebih bersaing pada
tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan bisa bersaing didunia industry.
1.2 Maksud dan Tujuan
1. Maksud
a.
Mengetahui
keberhasilan baik persiapan maupun pelaksanaannya.
b.
Mengetahui
daya serap siswa hasil KBM sejak Tingkat X s.d XII.
c.
Mengetahui
bobot materi yang telah diberikan oleh
setiap guru mata pelajaran.
d.
Mengukur
dan menyempurnakan dari tahun yang lalu supaya menghasilkan prestasi siswa yang
lebih baik.
e.
Memupuk
dan meningkatkan mutu pendidikan seoptimal mungkin.
f.
Untuk
memberikan kemampuan sebagai bekal untuk terjun di masyarakat di masa yang akan
datang
g.
Semua
staf pengajar dapat mengetahui hasil KBM yang sudah dilaksanakan untuk
ditindaklanjuti dimasa yang akan datang.
h.
Dapat
membandingkan rata-rata daya serap siswa dalam tiap mata pelajaran dari tahun
ke tahun.
2.
Tujuan
a.
Untuk
memperoleh keterangan tentang mutu hasil pendidikan secara nasional.
b.
Untuk
bahan pertimbangan dalam memberikan Sertifikat uji kompetensi yang telah di
capai siswa dan seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Serta
mampu bersaing didunia industry.
c.
Sebagai
masukan dan umpan balik dalam pembinaan proses pendidikan, agar ditindak
lanjuti.
d.
Dapat
mengerti tujuan pendidikan dan merasakan manfaatnya serta pentingnya pendidikan
di sekolah sebagai bekal nanti di masyarakat.
1.3. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan
pooposal ini adalah sebagai berikut,
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Maksud dan Tujuan.
1.3 Sistematika Penulisan.
BAB II PENGORGANISASIAN
2.1 Susunan Panitia UN
2.2 Struktur Organisasi
2.3 Rincian Tugas
BAB
III PELAKSANAAN UJK
BAB IV
RENCANA ANGGARAN
BAB V
PENUTUP
LAMPIRAN