SMK LUGINA MEMBUKA PENDAFTARAN ONLINE SISWA-SISWI UNTUK TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Ujikom

BAB I
PENDAHULUAN
 
1.1    Latar Belakang
Program kerja Uji Kompetensi (UJK) ini merupakan penjabaran dari program kerja SMK Lugina Rancaekek Tahun Pelajaran 2010/2011, dibuat berdasarkan Juklak dan Juknis yang kami terima dari Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS).
Program kerja ini melanjutkan Program Semester dan Tahunan sebagai tindak lanjut guna mengevaluasi kegiatan akhir bagi Tingkat XII, dimana UJK mempunyai peranan sebagai berikut:
1.    UJK merupakan suatu kegiatan akhir dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guna mengevaluasi hasil Proses Belajar Mengajar (PBM) yang diselenggarakan mulai tingkat X sampai dengan tingkat XII.
2.    UJK merupakan kegiatan akhir yang disajikan kepada siswa tingkat XII guna mendapat kompetensi keahlian sehingga mendapatkan bukti hasil kinerja berupa sertifikat uji Kompentsi.
3.    Program kerja UN merupakan penjabaran dari siklus, Program tahunan dan semester.
4.    Untuk mencapai suatu tujuan diperlukan suatu program kerja.
5.    Sebagai tindak lanjut dari Program Semester.
6.    Menumbuhkan dan memupuk rasa disiplin  untuk memacu siswa serta mendorong semangat untuk menambah ilmu pengetahuan setingkat lebih tinggi, serta merupakan cerminan dan tauladan di masyarakat.
7.    Pentingnya ketahanan sekolah dan mantapnya pembinaan sekolah sebagai bagian dari
“ Wawasan Wiyata Mandala”.
8.    Untuk meningkatkan kesan positif bagi adik kelasnya.
9.    Untuk  mengetahui kualitas mutu lulusan pada setiap tahun kelulusan.
10. Sebagai ajang kompetisi bagi setiap peserta UJK untuk bisa lebih bersaing pada  tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan bisa bersaing didunia industry.

1.2    Maksud dan Tujuan
1.   Maksud
a.    Mengetahui keberhasilan baik persiapan maupun pelaksanaannya.
b.    Mengetahui daya serap siswa hasil KBM sejak Tingkat X s.d XII.
c.    Mengetahui bobot materi yang telah diberikan  oleh setiap guru mata pelajaran.
d.    Mengukur dan menyempurnakan dari tahun yang lalu supaya menghasilkan prestasi siswa yang lebih baik.
e.    Memupuk dan meningkatkan mutu pendidikan seoptimal mungkin.
f.     Untuk memberikan kemampuan sebagai bekal untuk terjun di masyarakat di masa yang akan datang
g.    Semua staf pengajar dapat mengetahui hasil KBM yang sudah dilaksanakan untuk ditindaklanjuti dimasa  yang akan datang.
h.    Dapat membandingkan rata-rata daya serap siswa dalam tiap mata pelajaran dari tahun ke tahun.


2.    Tujuan
a.    Untuk memperoleh keterangan tentang mutu hasil pendidikan secara nasional.
b.    Untuk bahan pertimbangan dalam memberikan Sertifikat uji kompetensi yang telah di capai siswa dan seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Serta mampu bersaing didunia industry.
c.    Sebagai masukan dan umpan balik dalam pembinaan proses pendidikan, agar ditindak lanjuti.
d.    Dapat mengerti tujuan pendidikan dan merasakan manfaatnya serta pentingnya pendidikan di sekolah sebagai bekal nanti di masyarakat. 






1.3.  Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan pooposal ini adalah sebagai berikut,

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I       PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Maksud dan Tujuan.
1.3  Sistematika Penulisan.

BAB II      PENGORGANISASIAN
2.1  Susunan Panitia UN
2.2  Struktur Organisasi
2.3  Rincian Tugas

BAB III       PELAKSANAAN UJK
BAB IV      RENCANA ANGGARAN

BAB V      PENUTUP

LAMPIRAN